Laman

New Release

Bahan Ajar




1. Standar Kompetensi
Menggunakan internet untuk memperoleh informasi

2. Kompetensi Dasar
Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur

3. Topik Bahasan Belajar
a. Pengenalan Browser
b. Komponen-Komponen Browser
c. Alamat Website


Materi Pembelajaran

1.1 Pengantar
Pernah mendengan istilah browsing atau nge-browsing? Seperti telah di sampaikan pada materi sebelumnya bahwa internet dapat diibaratkan sebagai sebuah perkampungan maya. Anda dapat memasuki dan berkeliling atau menjelajahi perkampungan tersebut untuk mengetahui segala apa yang ada. Kegiatan menjelajahi kampung internet sering disebut dengan istilah browsing. Anda dapat menjelajahi berbagai macam informasi yang ada dengan browsing . Informasi di internet biasanya diletakkan pada berbagai halaman web yang menggunakan teknologi HTML yang berupa kode-kode yang dapat dibaca oleh komputer yang dilengkapi program browser. Dengan demikian browser berfungsi untuk menterjemahkan kode-kode HTML ke dalam sebuah halaman web. Banyak browser yang dapat digunakan untuk membaca HTML namun yang paling umum digunakan adalah Netscape Navigator dan Internet Explorer. Internet Explorer adalah browser yang disertakan dengan sistem operasi windows, maka ketika menginstalasi windows internet explorer terinstalkan. Bagaimana jika Anda ingin menggunakan Netscape Navigator? Tentu harus meng-install nya sendiri secara terpisah.

1.2 Pengenalan Browser
Untuk dapat menjelajahi internet, Anda harus menjalankan program browser. Browsing adalah kegiatan menjelajahi website-website yang ada di internet. Website mana saja yang Anda kunjungi? Itu akan tergantung apada kubutuhan informasi yang diharapkan. Bagaimana menjalankan program browser? Seperti halnya dengan program-program aplikasi berbasis windows lainnya. Anda dapat menjalankan internet explorer melalui dua cara, yaitu:
1. Cari ikon internet explorer melalui menu start atau
2. Cari ikon internet explorer di desktop.

Langkah-langkah untuk menjalankan internet explorer dari menu start adalah sebagai berikut.
1. Klik menu start
2. Pilihlah program
3. Pehatikan daftar program yang ditampilkan di layar
4. Cari ikon internet explorer, kemudian di klik.


1.3 Komponen-Komponen Browser
Silakan Anda amati lagi tampilan windows! Browser internet explorer tidak jauh berbeda dengan tampilan aplikasi berbasis windows. Silakan tulis apa saja tampilan jendela internet explorer tersebut. Jendela internet explorer terdiri atas title bar, menu bar, toolbar, status bar dan sebagainya. Jendela internet explorer juga dilengkapi dengan scroll bar yang akan ditampilkan secara otomatis pada saat Anda membuka halaman web yang ditampilkan di jendela internet explorer. Internet explorer dilengkapi dengan bar alamat (address bar) yang berfungsi sebagai tempat Anda mengetik alamat website yang Anda ingin kunjungi. Silakan anda perhatikan lagi masing-masing komponen internet explorer.
1.3.1 Title Bar
Title bar atau bar judul terdapat pada bagian paling atas jendela internet explorer. Pada bagian paling kiri, bar judul berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan di jendela internet explorer. Pada bagian sebelah kanan berisi kontrol untuk jendela internet explorer yang terdiri dari tombol minimize, restore, dan close.

1.3.2 Menu Bar
Istilah menu sudah tidak asing lagi yaitu daftar berbagai fungsi atau fasilitas yang disediakan. Di dalam jendela intenet explorer, daftar menu ditempatkan pada menu bar. Masing-masing menu memiliki fungsi yang berbeda seperti File, Edit, View, Favoriets, Tools, dan Help. Bagaimana mengatifkan fungsi-fungsi tersebut? Dengan sederhana kalian tunjuk ikon menu tersebut kemudian klik kanan dua kali.
1.3.3 Address Bar
Perhatikan gambar dan temukan Address bar! Address Bar atau baris alamat adalah kotak teks yang dapat Anda gunakan untuk menuliskan alamat website yang ingin Anda kunjungi di jendela internet explorer. Address bar dilengkapi sebuah tombol pada bagian ujung kanannya berupa panah arah ke bawah yang apabila di-klik akan menampilkan beberapa alamat website yang pernah Anda kunjungi.
1.3.4 Status Bar
Status bar terdapat pada bagian bawah jendela internet explorer yang menampilkan proses yang sedang terjadi pada saat browser memasuki sebuah halaman web.
1.3.5 Task Pane
Task pane adalah jendela kecil yang muncul dibagian kiri jendela browser apabila Anda meng-klik tombol Search, Favorites dan History. Bentuk tampilan task pane tersebut tergantung dari tombol yang Anda klik.

1.4 Istilah-Istilah pada Internet
Agar Anda mudah mengikuti penjelajahan internet, Anda perlu memahami dengan baik istilah-istilah umum. Beberapa istilah internet yang umum digunakan adalah sebagai berikut.
1.4.1 Intranet
Intranet adalah jaringan yang relatif lebih kecil yang biasanya dibangun dan dimiliki oleh sebuah organisasi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di dalam organisasi tersebut.

1.4.2 Browser
Seperti dipaparkan di atas, browser atau web browser adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet, seperti internet explorer dan nascape navigator.

1.4.3 HTML
HTML, kepanjangan dari Hyper Text Mark-up Language yaitu berupa kode-kode atau instruksi yang digunakan untuk membuat halaman web. Dengan demikian, setiap halaman pada website terdiri atas sebuah file HTML (.htm). Untuk menampilkan file HTML Anda membutuhkan sebuah browser .

1.4.4 Server
Komputer server atau sering disebut server adalah komputer induk yang memberi layanan kepada komputer lain yang disebut komputer client. Server berupaya untuk memberi atau memenuhi kebutuhan computer client. Dengan demikian tugas sebuah server tentu sangat banyak sehingga komputer server harus mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dibanding komputer client. Bagaimana fungsi server dalam sistem internet? Di internet, komputer server berfungsi sebagai penyedia berbagai dokumen web yang dapat digunakan atau diakses oleh komputer client.
1.4.5 Client
Komputer client atau sering disebut client adalah komputer yang tergabung dalam sistem jaringan yang dapat dilayani oleh server. Komputer client tentu memiliki kemampuan yang lebih rendah dibanding dengan komputer server. Bagaimana komputer yang Anda gunakan untuk mengakses internet apakah server atau client? Pada saat Anda mengakses internet, komputer Anda dapat disebut sebagai komputer client karena komputer Anda menerima layanan dari komputer server milik website yang Anda kunjungi.

1.4.6 Bandwidth
Istilah bandwidth sering Anda dengar dalam dunia gelombang atau radio. Bandwidth digunakan sebagai ukuran kemampuan sebuah jaringan dalam menteransfer data pada jangka waktu tertentu. Satuan data dinyatakan dengan byte dan biasanya dengan ukuran kiloByte (KB) atau megabyte (MB). Dengan demikian satuan bandwidth adalah megabyte per second (MBps) atau kilobyte per second (KBps). Contoh, suatu transfer data diketahui 100 KBps artinya kecepatan transfer data sebesar 100 kilobyte setiap detiknya.

1.4.7 Search Engine
Ditinjau dari pengertian setiap kata, search adalah pencarian, dan engine adalah mesin, jadi search engine merupakan mesin pencari. Dalam konteks ini search adalah sebuah program aplikasi di website tertentu yang Anda gunakan untuk mencari imformasi yang ada di internet. Search engine secara lebih lengkap akan dibahas secara khusus pada materi selanjutnya.

1.4.8 URL (Uniform Resource Locator)
Sebuah lokasi dapat Anda akses apabila Anda mengetahui alamat lokasi tersebut. Demikian halnya apabila Anda ingin memasuki sebuah situs maka Anda harus mengetahui alamat website tersebut. Penentuan suatu alamat tentunya tidak sembarangan namun mengikuti suatu cara tertntu. Bagaimana alamat website ditentukan? Untuk memberi nama alamat website digunakan suatu sistem yang dinamakan URL. Dengan demikian, alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web.

1.4.9 Website
Website merupakan lapisan-lapisan dari halaman web yang saling memiliki keterkaitan. Website sering juga disebut dengan situs, situs web, site atau portal.

1.4.10 Homepage
Homepage adalah halamam web utama (induk) yang terdapat pada sebuah Website . Homepage biasanya berisi keterangan pembuka seperti ucapan selamat datang, beberapa ringkasan isi website dan beberapa lirik bagian penting lain dari tersebut. Homepage sering juga digunakan untuk website pribadi dari seseorang sebagai istilah “rumah” dalam bentuk halaman web.

1.4.11 Web Page
Web Page merupakan istilah untuk menyatakan halaman yang dirujuk (diacu) sebuah halaman web. Sebuah web page merupakan sebuah file HTML (.htm.)

1.4.12 Hypertext link (Hyperlink )
Link merupakan penyambung sebuah teks, gambar atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file lain. Link di halaman web mempunyai tanda warna yang berbeda dan biasanya teks garis bawah. Untuk mengetahui sebuah teks merupakan link atau Anda lakukan dapat mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda pointer mouse berubah, (biasanya berupa simbol telapak tangan) teks tersebut merupakan link .

1.4.13 ISP (Internet Service Provider)
ISP adalah perusahaan yang berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet. Jika Anda ingin komputer Anda terhubung ke internet, Anda harus menghubungkan komputer Anda ke sebuah ISP.

1.4.14 Program Dial-up
Program dial-up adalah program yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer dengan pemberi jasa layanan internet (ISP).

1.4.15 Offline
Offline merupakan kondisi di mana koneksi komputer Anda ke internet dalam keadaan terputus.

1.4.16 Online
Online merupakan kondisi di mana koneksi komputer Anda ke internet dalam keadaan tersambung.

1.4.17 Login
Login adalah proses memasuki suatu sistem (aplikasi) seperti e-mail. Login yaitu saat Anda memasukkan user_ id dan password pada saat ingin membuka kotak surat e-mail Anda . Beberapa halaman web di Internet hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Proses pengecekan otoritas tersebut dilakukan dengan cara memasukkan user_id dan password.

1.4.18 Logout
Logout adalah kebalikan dari login yaitu proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas logout dilakukan dengan menekan tombol atau teks link logout yang biasanya terdapat dihalaman web. Logout diperlukan agar orang lain tidak dapat mengakses halaman tersebut.

1.4.19 Protocol
Protocol adalah aturan-aturan yang ada yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya di internet ada protocol untuk mengirimkan pesan ke komputer lain, protocol untuk mengirimkan e-mail dan sebagainya.

1.4.20 HTTP (Hyper Text Transfer Protokol)
HTTP adalah protocol yang digunakan untuk bertukar informasi di internet komputer Anda dapat menerima file -file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protocol http.

1.4.21 POP (post office protocol)
Pop adalah protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang di simpan di server di internet atau sebuah ISP.

1.4.22 Download
Proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang Anda gunakan (komputer client) disebut download.

1.4.23 Upload
Upload adalah proses penempatan file dari komputer Anda ke sebuah komputer server di internet. Upload merupakan kebalikan dari proses download.


1.4.24 Freeware
Freewatre adalah program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis sehingga setiap orang diperbolehkan men-download program tersebut.

1.4.25 Shareware
Shareware adalah program komputer di internet yang dapat Anda download Anda gunakan dalam jangka waktu tertentu. Program komputer jenis ini biasanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu jika Anda ingin menggunakannya terus, Anda harus membelinya dengan cara membayar biaya pendaftaran.

1.4.26 GIF (Graphical Interchange Format)
Suatu format file gambar gif mempunyai ukuran file yang kecil sehingga banyak digunakan sebagai format gambar yang ditempatkan di internet

1.4.27 JPEG (Joint Photographic Experts Group)
JPEG merupakan format file gambar yang banyak digunakan di Internet. File JPEG mempunyai ukuran yang kecil dan warna yang lebih banyak dibanding dengan GIF. Biasanya, JPEG digunakan untuk menampilkan gambar-gambar yang membutuhkan warna yang lebih banyak seperti foto-foto, sedangkan GIF digunakan untuk menampilkan gambar dengan warna yang lebih sedikit, misalnya logo organisasi, gambar grafik dan sebagainya.

1.4.28 SPAM
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan seperti e-mail yang tidakpenting, e-mail berantai,iklan dan sebagainya.

1.5 Alamat Website
Setiap website di internet mempunyai alamat tertentu. Biasanya alamat website mempunyai hubungan dengan lembaga atau organisasi pemilik website tersebut. Misalnya, www.upi.ac.id adalah alamat website milik Universitas Pendidikan Indonesia, www.bca.org milik bank BCA, www.kompas.com milik harian kompas, dan sebagainya. Sebagian nama website diberinama sesuai dengan tujuan atau informasi yang ditampilkan di website tersebut misalnya www.lyrics.com sebagai nama website yang menyimpan lirik-lirik lagu. Sebuah alamat website merupakan kombinasi dari protocol yang digunakan, nama , host, dan nama domain. Nama domain dapat terdiri dari perusahaan atau nama website beserta nama kode-kode yang menjelaskan asal dan bentuk organisasi dari pemilik website tersebut. Agar website dikenali dengan mudah, penamaan alamat website diberi nama domain, yaitu abjad yang ditambahkan setelah nama website. Selain it, Anda dapat melihat nama direktori dan nama file dari halaman web address bar. Perhatikan alamat website berikut ini.
http://www.upi.ac.id/pascasarjana/syarat_pendaftaran.htm
Alamat URL di atas dapat dijelaskan seperti berikut.
(1) Protokol yang digunakan:http
(2) Nama komputer host:www
(3) Nama domain level kedua (second-level): upi
(4) Nama domain level pertama (top level) : ac.id (akademik di Indonesia)
(5) Nama direktori : pascasarjana
(6) Nama file : syarat_pendaftaran.htm

1.6 Menjelajahi internet
Setelah Anda mempelajari perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi internet, saat ini Anda akan belajar bagaimana menggunakan browser tersebut untuk mengunjungi website tertentu di internet. Anda juga akan belajar bagaimana mengatur favorite di browser untuk membantu Anda menjelajahi internet.

1.6.1 Mengunjungi Website Tertentu
Anda dapat mengunjungi website tertentu apabila Anda mengetahui alamat website tersebut atau apabila Anda mempunyai sebuah link di sebuah halaman web yang menuju website .

Untuk mengunjungi website lakukan langkah-langkah berikut.
(1) Jalankan internet explorer.
(2) Klik di bar alamat untuk meletakan kursor mouse di bar alamat tersebut.
(3) Ketik alamat website yang akan dikunjungi misalnya www.yahoo.com. kemudian tekan tombol enter di keyboard.
(4) Tunggu website yang dimaksukkan amati apa yang ditampilkan ?
(5) Klik link yang terda[pat dihalaman web tersebut sesuai dengan informasi yang diinginkan

1.6.2 Mengatur Internet Option
Anda dapat mengatur agar setiap browser akan langsung menampilkan website yang Anda inginkan.

Langkah-langkah untuk mengaturnya adalah sebagai berikut :
(1) Klik menu start klik setting.
(2) Klik contol panel dan amati yang ditampilkan.
(3) Cari icon internet options lalu klik icon tersebut, dan amati yang ditampilkan.
(4) Klik tab General.
(5) Dibagian Home page di kotak teks Address masukkanlah alamat website yang ingin Anda buka setiap kali browser Anda jalankan misalnya : www.Google.com. Bila menginginkan agar browser tidak membuka website tertentu pada saat dijalankan, klik tombol use blank.
(6) klik tombol OK

1.6.3 Berhenti dan mengulangi Loading Halaman Web
Kadang-kadang pada saat browser sedang meloading sebuah halaman web terjadi masalah yang menyebabkan proses loading menjadi lama atau berjalan sangat lambat. Bila hal ini terjadi maka Anda perlu menghentikan proses loading dan mengulanginya dari awal. Cara ini akan lebih cepat dari pada Anda menunggu proses loading yang terganggu tersebut. Menghentikan Proses loading dengan cara meng-klik tombol stop di tool bar, kemudian untuk mengulangi proses loading dari awal Anda dapat mengklik tombol refresh.

1.6.4 Menjalankan Beberapa Jendela Browser
Browser membutuhkan waktu beberapa saat untuk me-loading website yang Anda kunjungi lebih-lebih apabila internet lambat. Akibatnya Anda harus menunggu. Sambil menunggu sebuah halaman web ditampilkan Anda dapat membuka halaman web lain dengan cara menjalankan beberapa jendela browser.


Langkah-langkah untuk menjalankan beberapa jendela browser adalah sebagai berikut
(1) Jalankan browser dan masukkan alamat website pertama yang Anda kunjungi, misalnya : www.plasa.com
(2) Sebelum plasa.com ditampilkan klik menu file pilih new dan klik windows. Sebuah jendela browser yang baru akan ditampilkan.
Jendela browser baru juga dapat ditampilkan dengan menekan tombol Ctl + n pada keyboard.
(3) Klik tombol stop pada jendela browser yang baru.
(4) Masukkan alamat website kedua yang Anda kunjungi misal, www.Google.com.
(5) Lakukan kembali jika Anda ingin membuka website yang lain.
(6) Bila Anda ingin kembali ke jendela pertama klik tab jendela tersebut di taskbar.
Membuka beberapa jendela browser sekaligus akan menghemat waktu Anda karena Anda tidak perlu berdiam diri menunggu website tertentu ditampilkan. Cara diatas juga akan menghemat pengeluaran Anda karena waktu koneksi ke internet menjadi singkat.

1.6.5 Menambahkan daftar Website ke Favorites
Pada saat menjelajahi internet Anda bisa menemukan sebuah website baru yang menarik atau penting bagi Anda. Bila Anda menemukan website seperti itu Anda dapat menyimpan alamat website tersebut sehingga suatu saat dapat dikunjungi lagi. Menyimpan sebuah alamat wesite dapat Anda lakukan dengan cara menambahkan alamat website tersebut ke favorites.

Langkah- langkah untuk menambah daftar website sebagai berikut.
(1) Menampilkan jendela browser dengan website yang ingin ditambahkan ke favorites di layar monitor.
(2) Klik tombol favorites Task pane Favorites yang ditampilkan di jendela browser.
(3) Klik tombol add pada kotak dialog add favorites akan ditampilkan.
(4) Di kotak teks name, beri nama dari alamat website yang ingin Anda tambahkan ke favorites.
(5) Untuk memilih folder tempat penyimpanan klik tombol create in maka kotak dialog add favorite akan diperlebar.
(6) Pilihlah folder penyimpanan. Bila Anda ingin membuat folder baru klik tombol new folder.
Kotak dialog create new folder akan ditampilkan kemudian beri nama folder tersebut.
(7) Klik tombol ok agar Alamat website yang Anda pilih akan ditambahkan ke favorite di folder yang Anda pilih.

1.6.6 Menampilkan Website
Menampilkan Website yang alamatnya sudah Anda simpan di favorites Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Klik tombol favorite.
Task pane favorites akan di tampilkan.
2. Klik folder dimana Anda menyimpan alamat yang Anda ingin tampilkan.
3. Klik nama dari lamat yang Anda ingin tampilkan website tersebut akan ditampilkan di browser.

1.6.7 Mengatur Website pada Favorites
Semakin lama Anda menjelajahi internet maka akan semakin banyak alamat wesites yang Anda simpan di favorites. Hal ini dapat saja menyulitkan Anda. Oleh karena itu Anda perlu mengatur alamat website yang terdapat pada favorites. Pengaturan dapat dilakukan antara lain dengan: (1) mengelompokkan dalam satu folder sekaligus membuat folder baru, (2) mengubah nama, dan (3) menghapus.

Langkah-langkah untuk mengatur alamat website yang terdapat di favorites adalah sebagai berikut.
(1) Klik tombol favorites toolbar.
Task pane favorites akan di tampilkan.
(2) Klik tombol organize.
Kotak dialog organize favorites akan di tampilkan.
(3) Lakukanlah pengaturan-pengaturan berikut.
a. Membuat folder baru
i. Bila Anda ingin membuat sebuah folder baru klik create folder.
Sebuah foder baru akan ditambahkan.
ii. Ganti nama new folder sesuai dengan keinginan Anda.
b. Menghapus folder atau alamat website.
i. Pilih folder atau website tersebut.
ii. Klik tombol delete.
Konfirmasi penghapusan akan ditampilkan.
iii. Klik yes.
c. Memindahkan folder atau alamat website ke folder yang lain pilihlah alamat folder atau alamat website tersebut.
i. Klik tombol move folder.
Kotak dialog browse for folder akan ditampilkan.
ii. Pilih folder tempat kemana folder atau alamat akan dipindahkan.
iii. Klik tombol ok.
Folder atau alamat yang Anda pilih akan dipindahkan ketempat baru tersebut.

d. Mengubah nama folder atau alamat website.
i. Klik rename.
ii. Berinama baru.
(4) Untuk menutup kotak dialog organize favorites klik tombol close.

1.6.8 Melihat halaman web yang terakhir dikunjungi
Anda dapat melihat daftar nama website yang Anda kunjungi terakhir kali, misalnya dua minggu terakhir, seminggu terakhir dan beberapa hari terakhir. Lakukan kegiatan di bawah ini.

Langkah-langkah untuk melihat alamat website yang Anda kunjungi terakhir kali adalah sebagai berikut.
(1) Klik tombol history di toolbar.
Task pane history akan di tampilkan.
(2) Di task pane klik waktu yang Anda inginkan misalnya seminggu terakhir (last week).
Daftar nama website minggu lalu akan ditampilkan.
(3) Pilih dan klik website yang terdapat di history jika Anda ingin menampilkan website tersebut.
Ada banyak website di internet yang dapat Anda jelajahi untuk mendapatkan berbagai macam infor masi yang Anda inginkan. Yang perlu kita ketahui adalah URL dari website tersebut. Sebenarnya ada cara untuk mendapatkan informasi walaupun Anda tidak mengetahui alamat dari sebuah website yaitu dengan menggunakan mesin yang akan dibahas pada materi berikutnya.

Rangkuman
Kegiatan menjelajahi internet disebut dengan istilah browsing yaitu untuk menemukan berbagai macam informasi yang ada. Informasi di internet biasanya diletakkan pada berbagai halaman web yang menggunakan teknologi HTML yang dapat dibaca oleh komputer yang dilengkapi program browse. Internet Explorer adalah browser yang disertakan dengan sistem operasi windows. Ketika menginstalasi windows, internet explorer akan sekaligus terinstalkan. Browser internet explorer tidak jauh berbeda dengan tampilan aplikasi berbasis windows . Jendela internet explorer terdiri atas title bar, menu bar,toolbar, status bar dan sebagainya. Jendela internet explorer juga dilengkapi dengan scroll bar yang akan ditampilkan secara otomatis pada saat Anda membuka halaman web yang ditampilkan di jendela internet explorer. Beberapa istilah internet yang umum antara lain : intranet, browser, HTML, server , client, bandwidth, search engine, URL (Uniform Resource Locator), website, homepage, web, page, hypertext link (Hyperlink) , ISP (Internet Service Provider), program dial-up, offline, online, login, logout, protocol, HTTP (Hyper Text Transfer Protokol) , POP (post office protocol) , download, upload, freeware, shareware, GIF (Graphical Interchange Format), JPEG (Joint Photographic Experts Group), dan SPAM. Setiap website di internet mempunyai alamat tertentu. Biasanya alamat website mempunyai hubungan dengan lembaga atau organisasi pemilik website tersebut.